• Jalan Batur No. 64 Tembuku
  • admin@tembuku.desa.id
INFO
  • Selamat Datang di Website Resmi Desa Tembuku, Kecamatan  Tembuku, Kabupaten Bangli. Media komunikasi dan transparansi Pemerintah Desa Tembuku untuk seluruh masyarakat.
  • Silahkan datang ke Kantor Desa Tembuku meminta PIN jika Anda ingin melihat data yang terdaftar di Data Kependudukan, atau ingin melaporkan sesuatu ke Pemerintah Desa.

Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) BUM Desa Merta Sari Makmur Tahun Buku 2019

10 Februari 2020 ADMIN DESA TEMBUKU Berita Desa
Laporan Pertanggung Jawaban  (LPJ) BUM Desa Merta Sari Makmur Tahun Buku  2019

Senin, 10 Pebruari 2020

 Pertanggung Jawaban BUM Desa Merta Sari Makmur Tahun Buku 2019, diadakan di Aula Kantor Desa Tembuku, yang dihadiri oleh Perbekel Desa Tembuku, Ketua BPD, Kepala Br. Dinas se-Pedesaan Tembuku, Babinsa Desa Tembuku, Bhabinkamtibmas Desa Tembuku, Pimpinan Pengelola Obyek Wisata Tukad Cepung, Obyek Wisata Tukad Krisik, Simpan Pinjam, dan Pasar, turut hadir Team BLM Denpasar, dan Pendamping Desa.

Adapun  susunan acara sebagai berikut :  Pembukaan, Doa, Sambutan Perbekel, Sambutan Ketua BPD, Sambutan BLM Denpasar, LPJ Buku Tahun Buku 2019.

Sambutan Perbekel beliau menyampaikan " BUM Desa Merta Sari Makmur Desa Tembuku semoga dapat berkembang menjadi lebih baik, Mohon BLM Denpasar dapat memberikan bimbingan kepada Desa, penghasilan BUMDES sangat banyak mendapat support dari Oyek Wisata TUkad Cepung".

Sambutan Ketua BPD, beliau menyampaikan   " Kami harap BUMDES dapat menyampaikan laporan sejelas jelasnya dan selengkap lengkapnya. Laporan (Print Out) belum bisa dinilai karena kurang pembanding".

Sambutan  dari Kepala BLM Denpasar Dadang Suyatna , beliau menyampaikan " BLM  memiliki tanggung jawab pelatihan/pengkaderan/pendampingan BUMDES, pemberdayaan Masyarakat, bagaimana agar Masyarakat dapat meningkatkan kemandirian, kuncinya kebersamaan, profil, dan benefit, tidak ada sekedar laporan baku, yang terpenting adalah materi yang disampaikan dapat dimengerti, kami harap Desa ini ( Desa Tembuku) dapat menjadi percontohan bagi Desa lainnya".

LPJ BUM Desa Merta Sari Makmur Desa Tembuku, yang diwakili oleh Ketua BUMDES, menyampaikan modal awal BUMDES sebanyak Rp 400.000.000. Ketua BUMDES menyampaikan laporan dengan membacakan Laporan Pertanggung Jawaban BUM Desa Merta Sari Makmur Desa Tembuku Tahun Buku 2019.

Sesi tanya Jawab diisi oleh  Bendesa Adat Tembuku Kelod, dan peserta lainnya yang hadir dalam rapat.

Saran dari BLM Denpasar diharapkan ada peningkatan yang signifikan jika hanya terfokus dalam pembahasan modal, maka modal tersebut tidak akan berdampak dan hanya  untuk menutup biaya oprasional . Analisa dan identifikasi penghasilan calon kreditur apabila baik, maka langsung beri pinjaman sesuai penghasilan.BUMDES harus bisa berinovasi tidak hanya dalam mengelola sumber daya alam, tapi juga sumber daya manusia. Merancang kegiatan sosial seperti penanaman pohon bersama Masyarakat.

Saran dari Pendamping Desa , seluruh saran yang telah diberikan agar dapat ditindak lanjuti untuk dibahas sehingga dapat direalisasikan.

Acara terahir adalah acara penutup.

 Jurnalis Desa Tembuku Sang Ayu Made Sariasih.

 

 

 

 

 

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar