Artikel

Observasi KKN-PPM Universitas Udayana Periode XXIII Tahun 2021 di Kantor Desa Tembuku

01 Juli 2021 13:58:55  Admin Tembuku  284 Kali Dibaca  Berita Desa

         Kamis(1/7) di ruang rapat Kantor Desa Tembuku, Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Masyarakat ( KKN-PPM) Universitas  Udayana Periode XXIII Tahun 2021 sebanyak 14 Mahasiswa Udayana mengadakan observasi di Desa Tembuku  dengan melakukan wawancara bersama  Perbekel Tembuku I Ketut Mudiarsa.

       Wawancara tersebut membahas tentang jumlah KK dan Penduduk Desa Tembuku, Dari catatan Tahun 2020 tercatat sebanyak 1.659 KK dan 5.971 penduduk di Desa Tembuku, namun untuk masalah jumlah kependuduk Desa Tembuku tidak akan pernah valid dikarenakan hampir setiap hari ada perubahan dimana ada kematian,kelahiran, dan mutasi.

             Mata pencaharian warga Desa Tembuku sebagian besar bergerak di bidang pertanian dan peternakan,  bahkan  hampir 70% bergerak dibidang tersebut,  selain itu ada juga yang bergerak di bidang kerajinan industri, dibidang pariwisata, perdagangan, ASN, TNI Polri, notabena mata pencarian warga Desa Tembuku cenderung campuran,  tegas I Ketut Mudiarsa.

             Program pendampingan keluarga (PPK) terhadap keluarga kurang mampu, diharapkan untuk konsultasi kepada Kadus ( Kelian Dinas ) di wilayah masing-masing dimana para Kadus yang bisa memberikan  data yang valid  yang diperlukan oleh KKN terkait KK dampingan. 

          Untuk obyek wisata yang ada di Desa Tembuku diantaranya obyek wisata Tukad Cepung  dikembangkan tahun 2014 ( Pokdarwis)  yang saat ini paling booming, selain itu ada GGS dan Krisik Waterfal dimana semua obyek wisata yang ada diatur oleh peraturan  desa dan sudah ada MOU nya serta sudah dikerjasamakan dengan Badan Usaha Milik Desa ( Bumdes Merta Sari Makmur ).

           Potensi desa yang ada di Desa Tembuku, yaitu potensi  sumber alam diantaranya sumber mata  air yang sangat banyak bahkan sampai bisa sebagai subsidi antar Kabupaten, potensi agro bisnis yang nantinya akan bisa dikembangkan untuk menjadi obyek wisata agro bisnis, bahkan potensi kerajinan yang bisa menjadi sumber pengasilan warga Desa Tembuku.

           Protokol kesehatan apakah sudah lengkap dan merata? Untuk protokol kesehatan di Desa Tembuku bisa dikatakan sudah lengkap dikarenakan oleh kesadaran masyarakat yang cukup tinggi akan penanganan/pencegahan penularan covid-19, dimana masyarakat sudah sangat disiplin untuk menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker apabila keluar rumah, sering cuci tangan, dan sering menyemprotkan disinfectan di lingkungannya.

        Kendala dan permasalahan  di bidang kesehatan mengenai program vaksinasi apa sudah merata atau belum? Untuk program vaksinasi untuk warga Desa Tembuku hampir merata, dikarenakan Desa Tembuku sudah diadakan gertak green Zone, namun ada  banyak warga yang belum tervaksin disebabkan beberapa hal seperti, hamil dan sakit bawaan yang tidak memungkinkan untuk di vaksin.           

         Bagaimana kualitas air di Desa Tembuku? Untuk kwalitas air di Desa Tembuku sangat bersih  dan belum tercemar oleh zat-zat kimia, bahkan  ada yang bisa  dikonsumsi langsung  untuk diminum dari mata airnya.

         Penanganan sampah dalam desa apakah sudah baik terutama sampah prokes? Untuk saat ini penanganan masalah sampah masih menjadi permasalahan yang cukup besar di Desa Tembuku, namun untuk penanganan masalah sampah sudah menjadi   program  prioritas di perencanaan Tahun 2022 dengan penanganan  sampah yang berbasis sumber masyarakat.

       Edukasi mengenai covid-19 sudah merata atau belum?Untuk edukasi ( proses pembelajaran) tentang covid-19 sudah dilakukan Pemerintah Desa Tembuku baik secara  formal  maupun non formal.

        Kendala dan permasalahan dalam bidang pendidikan, kendala dan permasalahan di bidang  sosial ekonomi mengenai mata pencaharian desa, apakah covid-19 mempengaruhi? Covid-19 sangat berpengaruh di segala bidang baik pendidikan, sosial ekonomi, mata pencaharian warga, bahkan budaya dan pariwisata. 

          Demikian wawancara singkat dari KKN-PPM Universitas Udayana Periode XXIII Tahun 2021 bersama Perbekel Tembuku yang berlangsung comperative dimana kegiatan ini sudah menerapkan  Protokol Kesehatan ( Prokes).

#prokeswajibditerapkan

#cegahcovid-19varianbaru

        

         

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Agenda

Belum ada agenda

Peta Desa

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Info Media Sosial

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:611
    Kemarin:834
    Total Pengunjung:188.367
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:52.23.219.12
    Browser:Tidak ditemukan

Hubungi Kami

Hubungi Kami

Hubungi Kami