Artikel

Posyandu Desa Tembuku di Banjar Dinas Kedui

20 Agustus 2021 10:29:44  Admin Tembuku  97 Kali Dibaca  Berita Desa

Tembuku, 20 Agustus 2021

             Posyandu Desa Tembuku di Banjar Dinas Kedui diadakan di Balai Banjar dan merupakan kegiatan yang diadakan rutin setiap bulannya.Kegiatan posyandu di masa pandemi tetap dengan prokes covid- 19 yang ketat.Memakai masker, mencuci tangan sebelum dan sesudah datang ke posyandu, menjaga jarak.

             Kegiatan diadakan oleh Kader Posyandu dengan dibantu Bidan Desa.Kegiatan disini  umumnya sama dengan kegiatan di posyandu lainnya yaitu pemeriksaan rutin pada anak balita dibawah usia 5 tahun seperti menimbang berat badan, pengukuran tinggi badan, pengukuran lingkar kepala anak, pemberian vitamin, pemantauan aktivitas anak, pemantauan status imunisasi anak, pemantauan tindakan orang tua terhadap pola asuh anak, pemantauan permasalahan anak, ibu menyusui, ibu hamil, dan pasangan usia subur.

       Usia pertumbuhan balita dan anak sebelum memasuki usia 5 tahun harus benar- benar mendapat perhatian dan pemantauan dengan melalui tindakan germas dengan melakukan pemeriksaan secara rutin sekali dalam sebulan ke posyandu.

         Bidan Desa Tembuku ibu Ni Nyoman Sudiani, A.md.keb. berharap dengan kegiatan posyandu yang rutin diadakan  di masing- masing dusun tiap bulannya  agar dapat memotivasi orang tua  untuk melakukan pola asuh yang baik pada anak dengan prinsip asuh, asih, asah. 

       Untuk pertumbuhan dan perkembangan anak yang baik orang tua harus menerapkan pola asuh anak akan kebutuhan dasar anak yaitu:

* Asuh (Kebutuhan Biomedis)

   Menyangkut asupan gizi anak selama dalam kandungan dan setelah lahir, kebutuhan akan tempat tinggal, pakaian yang layak dan aman, perawatan kesehatan dini berupa imunisasi dan intervensi  dini akan timbulnya gejala penyakit.Asuh disini meliputi  nutrisi  dengan gizi seimbang, perawatan kesehatan dasar, sandang, pangan, dan papan, dsb.

* Asih ( Kebutuhan emosional)

       Menciptakan rasa aman dengan kontak fisik dan psikis sedini mungkin dengan ibu.Kebutuhan anak akan  kasih sayang, memberikan perhatian dan dihargai, pengalaman baru, pujian, tanggung jawab untuk kemandirian sangatlah penting untuk diberikan, hubungan yang erat dan saling percaya antara orang tua dan anak, dan pentingnya kebutuhan stimulasi  mental  bermain latihan.

* Asah (kebutuhan akan stimulasi mental dini)

          Proses pembelajaran, pendidikan dan pelatihan yang diberikan sedini dan sesuai mungkin.Terutama anak usia 4-5 tahun pertama (golden year) sehingga akan terwujud etika, kepribadian yang baik, kecerdasan, kemandirian, ketrampilan dan produktivitas yang baik.

       Kepada semua orang tua yang sedang memiliki anak usia 0-5 tahun ayo ajak anak  untuk datang ke posyandu rutin setiap bulan.Pemeriksaan rutin  kepada anak dan balita dibawah usia 5 tahun setiap bulan penting dilakukan karena untuk memantau kesehatan ibu dan anak, memantau pertumbuhan dan perkembangan anak, mencegah gangguan pertumbuhan balita dan ibu, dan mendapatkan penyuluhan gizi pertumbuhan balita.

#ayokeposyanduanakdanibusehat

#prokesjangankendorpandemibelumberakhir

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Agenda

Belum ada agenda

Peta Desa

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Info Media Sosial

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:594
    Kemarin:787
    Total Pengunjung:153.318
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.236.239.91
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

22 Juni 2018 | 34.370 Kali
Sejarah Desa
29 Juli 2013 | 34.333 Kali
Profil Desa
24 Agustus 2016 | 34.229 Kali
Data Desa
29 Juli 2013 | 34.008 Kali
Badan Permusyawaratan Desa
29 Juli 2013 | 34.006 Kali
Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa
30 April 2014 | 34.004 Kali
PKK
30 April 2014 | 34.001 Kali
Karang Taruna

Hubungi Kami

Hubungi Kami

Hubungi Kami