Selamat Datang di Situs Resmi Desa Tembuku, Media Komunikasi dan Informasi Pemerintah Desa Tembuku dengan seluruh lapisan masyarakat

Artikel

RAHAJENG TUMPEK UYE

25 Maret 2023 11:32:49  Administrator  201 Kali Dibaca  Berita Desa

Tumpek Kandang atau juga disebut sebagai Tumpek Uye diperingati oleh umat Hindu setiap 210 hari sekali (perhitungan kalender Bali) atau tepatnya pada tepatnya pada Saniscara (Sabtu) Kliwon Wuku Uye.

Dimana pada perayaan Tumpek Kandang, umat Hindu akan membuat sebuah upacara kepada hewan seperti sapi, bebek hingga babi.

Tumpek Kandang, umat Hindu memuja keagungan Ida Sang Hyang Widhi, Sang Hyang Siwa Pasupati yang disebut Rare Angon, penggembala semua makhluk di alam semesta ini. Selain memuliakan lingkungan binatang (bhuana agung), upacara suci ini juga untuk menyucikan diri dari sifat-sifat kebinatangan yang ada dalam diri manusia (bhuwana alit). 

Disisi lain, Lontar Sundarigama yang memberi petunjuk tentang hari-hari raya Hindu di Indonesia menyatakan: Hari Tumpek Kandang adalah upacara selamatan untuk hewan, baik hewan yang disemblih maupun hewan peliharaan.

Kami Pemerintah Desa Tembuku mengucapkan selamat hari suci Tumpek Uye semoga semua makhluk hidup selalu diberikan kerahayuan oleh Ida Sang Hyang Widhi Wasa. 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Agenda

Belum ada agenda

 Peta Desa

 Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online
SiPeDe SIKS-NG

 Media Sosial

 Komentar

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:3.175
    Kemarin:1.947
    Total Pengunjung:1.278.038
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.235.145.108
    Browser:Tidak ditemukan

 Hubungi Kami

Hubungi Kami

Hubungi Kami