Selamat Datang di Situs Resmi Desa Tembuku, Media Komunikasi dan Informasi Pemerintah Desa Tembuku dengan seluruh lapisan masyarakat

Artikel

Pembinaan dan Evaluasi Aparatur Desa Tembuku

12 Oktober 2021 18:25:25  Administrator  729 Kali Dibaca  Berita Desa

 Tembuku, 12 Oktober 2021

        Bertempat di ruang rapat Kantor Desa Tembuku diadakan Pembinaan terhadap Aparatur Desa Tembuku yang diselenggarakan dari Tingkat Kecamatan Tembuku yang diikuti oleh peserta dari Perangkat Desa Tembuku, Anggota BPD, dan LPM Desa Tembuku.

        Tampak hadir dalam kegiatan antara lain semua Perangkat Desa Tembuku termasuk Kepala Kewilayahan se-Pedesaan Tembuku, BPD Desa Tembuku yang dwakili oleh Sekretaris, dan Ketua LPM Desa Tembuku, beserta Narasumber berjumlah 4 orang dari Tim Evaluasi APBDes Kecamatan Tembuku.

       Pembinaan ini diadakan dalam rangka meningkatkan efectivitas Pengelolaan Keuangan Desa.

        Pengelolaan Keuangan Desa adalah keseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban keuangan desa.Rencana Kerja Pemerintah Desa, selanjutnya disebut RKPDesa, adalah penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa untuk jangka waktu 1 (satu) tahun.

      Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa, selanjutnya disebut APBDesa, adalah rencana keuangan tahunan Pemerintahan Desa.

         Pentingnya pembinaan aparatur pemerintah desa  ini untuk keberhasilan pencapaian sasaran dan tujuan pembangunan yang telah ditetapkan. “Diabaikannya peran aparatur akan berakibat kurang berhasilnya pencapaian sasaran dan tujuan, bahkan mungkin saja tidak akan tercapai sasaran dan tujuan pembangunan yang telah ditetapkan.

      Dalam kesempatan tersebut Tim juga mengadakan Evaluasi terkait Pengelolaan Keuangan Desa.Sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 20 Tahun 2018 yang menyebutkan bahwa “Keuangan desa dikelola berdasarkan asas transparan,
akuntabel, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran.
        Dengan adanya peraturan tersebut pemerintah desa mempunyai landasan dalam mengelola keuangan desa dan diharapkan pemerintah desa mampu mengelola keuangan desa dengan baik.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Agenda

Belum ada agenda

 Peta Desa

 Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online
SiPeDe SIKS-NG

 Media Sosial

 Komentar

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:633
    Kemarin:1.422
    Total Pengunjung:1.337.532
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.174.191
    Browser:Tidak ditemukan

 Hubungi Kami

Hubungi Kami

Hubungi Kami