Selamat Datang di Situs Resmi Desa Tembuku, Media Komunikasi dan Informasi Pemerintah Desa Tembuku dengan seluruh lapisan masyarakat

Artikel

Perbekel Desa Tembuku Menghadiri Kegiatan Bulan Bahasa Bali IV Tahun 2022di Br. Adat Tegalasah Kaja

05 Februari 2022 05:42:57  Administrator  518 Kali Dibaca  Berita Desa

Tembuku, 5 Pebruari 2022

        Perbekel Tembuku  I Ketut Mudiarsa menghadiri  kegiatan Bulan Bahasa Bali IV Tahun 2022 di  Balai Banjar Br.  Adat Tegalasah Kaja, Ds. Tembuku, Kec.Tembuku, Kab.Bangli ( 5/2).

            Hadir  dalam acara ini, Perbekel Desa Tembuku,   Majelis Desa Adat ( MDA)  Kec Tembuku, Bendesa Adat Pemangku & Prajuru Adat  Tegalasah Kaja, Penyuluh Bahasa Bali Desa Tembuku,  Dewan Juri dan Peserta lomba.

         Bulan Bahasa Bali merupakan salah satu program prioritas Pemprov Bali dalam upaya pelestarian, pengembangan, pemajuan bahasa,aksara dan sastra Bali.Hal ini membuktikan bahwa Pemprov  Bali sangat peduli terhadah usaha penguatan dan pemajuan bahasa, aksara, sastra Bali.

       Dalam kesempatan tersebut Perbekel Tembuku menyampaikan sambutannya bahwa " Meskipun kita masih dalam situasi gering agung Covid-19 seperti sekarang ini, usaha pelestarian dan pengembangan bahasa, aksara, sastra Bali tidak boleh berhenti. Karena tiga unsur inilah yang merupakan akar kebudayaan Bali. Hanya dengan bahasa, aksara, dan sastra Bali yang merupakan sari-sari pemikiran para leluhur dan lelangit Bali, kita mampu memahami inti kebudayaan Bali sesungguhnya,” ucap Perbekel Tembuku meneruskan apa yang telah disampaikan oleh Gubernur Bali, Wayan Koster, Selasa, Anggara Pon, Menail (1/2).

            Perbekel Tembuku juga menambahkan, dasar pelaksanaan Bulan Bahasa Bali, yaitu Peraturan Gubernur Bali No 80 tahun 2018 tentang Perlindungan Penggunaan Bahasa Bali Serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali dan Pembiayaannya bersumber dari APBD.

            Kegiatan Bulan Bahasa Bali IV di Br. Adat Tegalasah  dengan tema " Danu Kerthi Gitaning Toyo Ning " yang memiliki makna agar setiap insan dapat menjaga kelestarian sumber air  yang ada di seluruh Bali sebagai salah satu sumber kehidupan umat manusia.

        Kegiatan Bulan Bahasa Bali di Br. Adat Tegalasah Kaja mengadakan lomba antara lain: nyurat Aksara Bali dan membaca Aksara Bali dengan jumlah peserta 16 peserta 4 peserta laki-laki dan 12 peserta perempuan.

     Kegiatan berjalan dengan lancar dan antusias dari peserta yang ikut dalam perlombaan.    

         

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Agenda

Belum ada agenda

 Peta Desa

 Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online
SiPeDe SIKS-NG

 Media Sosial

 Komentar

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.446
    Kemarin:1.223
    Total Pengunjung:1.313.627
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:107.23.156.199
    Browser:Tidak ditemukan

 Hubungi Kami

Hubungi Kami

Hubungi Kami