Selamat Datang di Situs Resmi Desa Tembuku, Media Komunikasi dan Informasi Pemerintah Desa Tembuku dengan seluruh lapisan masyarakat

Artikel

Bulan Bahasa Bali V, Desa Tembuku Tahun 2023

27 Februari 2023 11:23:54  Administrator  269 Kali Dibaca  Berita Desa

Tembuku, 27/2/2023

 

Bertempat di Balai Desa Tembuku, telah diselenggarakan kegiatan Bulan Bahasa Bali V tahun 2023. Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali kali ini mengambil tema "Segara Kerthi: Campuhan Urip Sarwa Prani" yang dimaknai sebagai altar pemuliaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali untuk memaknai laut sebagai awal dan akhir kehidupan segenap makhluk. 

Acara dihadiri langsung oleh Bapak Camat Tembuku, MDA Kecamatan Tembuku, Bapak Kanit Bimas Kecamatan Tembuku, Bapak Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Tembuku, Penyuluh Bahasa Bali Desa Tembuku, Tim Juri, Bandesa Adat Se-Pedesaan Tembuku, dan tentunya para peserta lomba.

Acara pembukaan dimeriahkan dengan tarian topeng tua yang dibawakan oleh seniman dari Banjar Tegalasah Kelod. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Perbekel Tembuku, I Ketut Mudiarsa. Dalam sambutannya Perbekel Tembuku mengucapkan terima kasih kepada para undangan yang sudah berkenan hadir dan menyampaikan bahwasannya kegiatan Bulan Bahasa Bali V tahun ini, anggarannya bersumber dari APBDes Tembuku Tahun 2033.

Acara dilanjutkan dengan sambutan MDA Kecamatan Tembuku, yang juga memberikan pengarahan dan tentunya apresiasi kepada Desa Tembuku teruntuk kegiatan ini. Kemudian sambutan dari Bapak Camat Tembuku yang sekaligus membuka acara, dalam sambutan itu Beliau mengapresiasi Desa Tembuku yang sudah melaksanakan Bulan Bahasa Bali dan beliau juga menginstruksikan agar kita senantiasa selalu berkreasi dan berinovasi. Kemudian Bapak Camat Tembuku membuka acara yang didampingi oleh Perbekel Tembuku dan para undangan lainnya, yang ditandai dengan pemukulan gong.

 

Acara dilanjutkan dengan sesi wimbakara/lomba. Adapun lomba yang diselenggarakan ada 3, yaitu:

1. Lomba Nyurat Aksara Bali tingkat SD;

2. Lomba Nguwacen Aksara Bali tingkat SMP dan;

3. Lomba Palawakya tingkat remaja.

 

Lomba dilaksanakan berbarengan, dengan tempat yang berbeda. Lomba Palawakya bertempat di Balai Desa Tembuku, Lomba Nguwacen di Ruang Rapat Kantor Desa Tembuku, dan Lomba Nyurat di Ruang BPD Desa Tembuku. Setelah kegiatan lomba selesai, dilanjutkan dengan sesi makan siang sembari menunggu dewan juri merekap nilai. Sebelum juri mengumumkan juara, dewan juri terlebih dahulu memberikan pengarahan dan teknik yang benar terkait dengan lomba lomba tersebut dan memotivasi agar kegiatan ini senantiasa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.

Setelah diumumkan juara/jayanthi, dilakukan penyerahan plakat, piagam, serta uang penghargaan kepada setiap pemenang lomba, yang diserahkan langsung oleh Bapak Camat Tembuku, MDA Kecamatan Tembuku, Perbekel Tembuku serta didampingi oleh undangan lainnya.

Setelah penyerahan tersebut usai, dilaksanakan sesi foto bersama untuk mengabadikan momentum dan penyerahan piagam peserta. Kegiatan Bulan Bahasa Bali ini berjalan dengan tertib dan lancar. Terima kasih 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Agenda

Belum ada agenda

 Peta Desa

 Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online
SiPeDe SIKS-NG

 Media Sosial

 Komentar

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.335
    Kemarin:1.223
    Total Pengunjung:1.313.516
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.237.235.148
    Browser:Tidak ditemukan

 Arsip Artikel

22 Juni 2018 | 36.510 Kali
Sejarah Desa
24 Agustus 2016 | 35.553 Kali
Data Desa
30 April 2014 | 35.167 Kali
Karang Taruna
29 Juli 2013 | 35.162 Kali
Badan Permusyawaratan Desa
30 April 2014 | 35.158 Kali
PKK
29 Juli 2013 | 35.145 Kali
Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa
07 November 2014 | 34.848 Kali
Pemerintahan Desa

 Hubungi Kami

Hubungi Kami

Hubungi Kami